GapTek = Gak Gaul

Dunia terus berputar dan teknologi pun terus berkembang. Teknologi dibuat untuk membantu manusia dalam melakukan segala aktivitas maupun tugas. Pemanfaatan teknologi pun bisa untuk kebaikan dan bisa juga untuk keburukan. Fungsi teknologi kembali kepada si pengguna/user, tujuan dia menggunakan teknologi diperuntukkan buat apa. Berikut sepenggal kisah yang bisa merepresentasikan (betulkan tulisannya??) tujuan teknologi digunakan. 
Sosok trio cool B, S, dan L

Once upon a time ada tiga sahabat (trio cool) yaitu B, S, dan  L mereka bertiga sekolah di SMP bareng. Namun, ketika SMA mereka bertiga tidak satu sekolah lagi. Ketika sekolah SMP mereka mengadakan reuni akbar mereka bertiga pun bertemu kembali. Mereka bertiga pun berbincang-bincang di acara tersebut.

B:"hai S, hai L apa kabar kalian??".
S:"gua sih baik-baik saja".
L:"aku juga baik-baik saja".
S:"kalau loe sendiri gimana B??".
B:"seperti yang kalian lihat sendiri gua juga baik-baik".

Setelah berbincang-berbincang ada bunyi handphone yang  berdering dari saku B lalu diangkatlah handphone BlackBerry-nya oleh B dan berbincang sebentar dengan teman bisnisnya..setelah menyelesaikan pembicaraan dengan teman bisnisnya mereka bertiga pun kembali berbincang-bincang lagi (24 jam kemudian eh salah 24 menit kemudian). B pun harus bertemu dengan teman bisnisnya dan harus menyelesaikan perbincangannya dengan S dan L. Tapi sebelum pergi B ingin meminta nomor kontak ketiga temannya tersebut.

B:"sob sorry nih gua harus pergi ada urusan dengan teman bisnis gua..oh iya gua minta pin BB loe-loe semua donk".
S:"pin BB gua qwerty91".
L:"wah klo gua gak punya BB handphone gua model lama".
B:"wah gak gaul loe masa gak punya BB".
L:"emang punya BB diwajib-in yah oleh pemerintah??.
S pun hanya terdiam sedangkan B balas menjawab
B:"wah GapTek loe gak tau perkembangan teknologi zaman sekarang alias ketinggalan zaman". 
L pun hanya tersenyum begitu juga dengan S. (Padahal L adalah seorang programmer komputer yang hebat di kampusnya alias mahadewa komputer/kerjaannya ngoding terus di depan komputer

Programmer komputer

Dari sepenggal cerita tersebut dapat dicerminkan kegunaan teknologi itu digunakan untuk hal yang penting dan bermanfaat atau hanya buat gengsi-gengsian bahkan hanya buat gaya-gayaan. Bahkan ada cerita juga gara-gara gak punya BB ataupun smartphone sejenisnya, seorang ABG gara-gara malu dengan teman-temannya yang memiliki BB bisa nekat melakukan apa saja seperti memaksa orang tuanya bahkan menjual barang-barang yang ada di rumahnya agar bisa membeli BB supaya di sekolah dia tidak diledek oleh teman-temannya. Padahal keluarganya tergolong keluarga yang hidup pas-pasan. 

Buat apa memiliki teknologi canggih jika hanya digunakan untuk gaya-gayaan. Tidak semua orang yang tidak memiliki teknologi canggih ketinggalan informasi mengenai teknologi (GapTek = Gagap Teknologi). Ini hanya faktor ekonomi yang memisahkan status sosial seseorang tapi kalau faktor ilmu setiap orang bisa sama tanpa memandang status sosial asal mau belajar dan banyak membaca. 

GapTek (Gagap Teknologi)

Terima kasih dan salam INOVASI.

4 komentar:

  1. Berbahagialah orang-orang yang dari lahirnya sudah mengenal apa itu teknologi. Tapi saya tekankan teknologi bukan untuk orang-orang tertentu saja. Disini guwa lahir dari 0 mengenal komputer saja ketika saja beranjak duduk didunia perkuliahan. Tidak ada kata terlambat. Gaptek = Bodo! Gaul = Pintar.

    BalasHapus
  2. Betul banget bro..Tidak ada kata terlambat..yang pentig kita mau belajar dan banyak membaca..makasih tambahannya bro.

    BalasHapus
  3. Wah ceritanya lucu tapi menyentuh banget gan mungkin bisa juga digambar sebagai "S" masih gap tek dan masih perlu banyak belajar lagi... Ohya gan salam kenal ya dari Cafe Amaliun Indah Jangan Lupa mampir ya gan....

    BalasHapus
  4. makasih sob udah mau memberikan komentarnya..salam kenal juga..pasti saya berkunjung ada hamburger & pasta kan di cafe-nya..hehehe..

    BalasHapus