Internet Gratis dan Cepat

Internet
Tiada hari tanpa duduk sambil ngetik dikeyboard dan mata fokus melihat laptop ataupun komputer. Yah, ini sudah menjadi trend masa kini di era yang serba digital karena semua informasi dan data dapat dilihat melalui laptop tinggal klik saja. Salah satu teknologi yang akan menjadi gaya hidup belakangan ini adalah INTERNET. Apa sih internet?? internet merupakan kependekan dari interconnection-networking yaitu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia (sumber:wikipedia). 

Dengan menggunakan internet kita bisa saling terhubung satu sama lain walaupun beda benua sekalipun. Jaringan komputer ini semakin penting karena semua kegiatan manusia dapat dilakukan menggunakan teknologi ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan telekomunikasi/provider yang menawarkan jasa internet. Bahkan mereka saling menawarkan produknya dengan harga-harga yang menggiurkan buat para penggunanya. Namun, sayang ternayata internet di Indonesia masih terlalu mahal dibandingkan dengan negara lain. 

Ada salah satu pengalaman dari salah satu paman saya yang sedang melanjutkan studinya di Korea Selatan. Ketika libur kuliah kira-kira tahun 2008 dia datang ke Indonesia untuk temu kangen dengan keluarga dan teman-temannya. Suatu saat dia sedang main internet menggunakan laptop sepupu saya untuk chat dengan temannya melalui facebook. Lalu dia kaget ketika ada pesan di facebooknya yang berasal dari sepupu saya yang komputernya sedang dipakai oleh paman saya. Padahal kami masih dalam satu ruangan yang sama dan di ruangan itu hanya ada satu komputer. Seketika paman saya bertanya "Dik, kamu ngirim pesan FB melalui apa?? kan komputer lagi saya pakai". Sepupu saya balas menjawab "saya mengirim pesan FB melalui handphone saya". Paman saya agak bingung dan bertanya lagi "Emang bisa main internet melalui handphone??. Sepupu saya balas menjawab lagi "Bisa kok mas". Ternyata selama di Korea Selatan handphone tidak pernah digunakan untuk ber-internet hanya untuk SMS atau telepon. Salah satu penyebabnya adalah main internet di Korea Selatan sangat murah dan paling cepat koneksinya di dunia (sumber:wartadunia). 

Logo Wi-Fi

Teknologi internet pun semakin berkembang dengan munculnya teknologi Wi-Fi (wireless fidelity) yaitu koneksi internet tanpa kabel. Jadi, kita sebagai pengguna laptop dapat main internet dimana saja tanpa harus menghubungkan kabel-kabel ke laptop kita kecuali kabel casan baterai. Sudah banyak tempat-tempat umum yang menawarkan wi-fi seperti di kampus, kantor, restoran, stasiun dan lainnya. Yang penting jika ada logo wi-fi di tempat-tempat umum berarti kita bisa mengakses internet di tempat itu juga. 


Harapan dari saya bahkan harapan dari seluruh rakyat Indonesia adalah semoga dalam hal ini instansi pemerintah yang terkait dapat mengikuti jejak dari Korea Selatan. Belajarlah dari negara yang sudah maju biar negara kita ikut maju. Ambil baiknya buang buruknya.
Terima kasih dan salam INOVASI.

0 komentar:

Posting Komentar