Go Open Source !!!

Komputer tanpa sistem operasi/operating system (OS) apa gunanya. Kawan-kawan pasti mengenal microsoft windows, linux, dan macintosh kan??. Tentu saja semua pengguna komputer maupun perangkat elektronik berbasis sistem operasi mengenal ketiga OS tersebut. 

Sistem Operasi/Operating System (OS)

Pengertian sistem operasi sendiri adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak (sumber:wikipedia). Sebenarnya tidak hanya ketiga OS itu saja yang ada sekarang ini masih ada sistem operasi lainnya seperti android, iOS, open solaris dan lainnya. Namun yang lebih dikenal orang adalah microsoft windows, linux, dan macintosh. Karena ketiga OS tersebut banyak ditemukan diberbagai komputer dan laptop. 

Ketiga OS tersebut saling bersaing untuk merebut pasaran komputer di seluruh dunia. Salah satu caranya adalah terus mengupdate perkembangan dari sistem operasi yang mereka buat. Windows dan linux sendiri dapat ditemukan diberbagai merek/brand komputer terkenal sedangkan macintosh hanya dapat ditemukan di brand Apple. Berikut ini statistik penggunaan sistem operasi untuk ketiga OS tersebut sampai bulan juli 2011.

Statistik sistem operasi (sumber:techspot)
Logo IGOS

Belakangan ini para ahli IT Indonesia banyak yang "meneriakkan" semboyan INDONESIA GO OPEN SOURCE!. Apa itu open source?? open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet) (sumber:wikipedia). Dengan open source ini para pengguna OS dapat mengembangkan sendiri OS yang mereka gunakan, salah satu OS yang open source adalah LINUX

Linux Ubuntu
Bukti bahwa linux bisa dikembangkan oleh penggunanya adalah dengan banyak munculnya distribusi linux atau lebih kerennya distro. Banyak sekali distro linux sampai saat ini seperti Ubuntu, SuSe, Red Hat, Mandriva, Fedora, dan masih banyak lagi. Jika kawan-kawan jago ngoding (pinter bahasa pemrograman komputer) kalian bisa mengembangkan linux dan memberikan nama distro sendiri (keren kan). Saya sendiri menggunakan ketiga OS tersebut. Sampai sekarang pun saya menggunakan dual boot (dua sistem operasi di dalam satu komputer) yaitu windows XP dan linux ubuntu 10.04 LTS. Sedangkan untuk macintosh saya menggunakan yang OS X Tiger. 

Kalau dilihat dari ketiga OS yang saya gunakan tersebut semuanya udah ketinggalan zaman. Karena sekarang windows sudah windows 7, linux ubuntu sudah 11.10, sedangkan macintosh udah Lion.  Tapi karena masih bisa digunakan untuk aktifitas sehari-hari seperti untuk mengerjakan tugas kuliah yah gak usah di upgrade kalau masih berguna. Tapi saya lebih sering menggunakan linux dibanding kedua OS yang saya gunakan. Windows sendiri saya gunakan karena software-software yang berhubungan dengan kuliah saya banyak yang kompatibel di windows XP sedangkan Apple untuk edit-edit foto dan buat design grafis saja. 

Saya sendiri ikut mendukung open source lebih banyak digunakan di Indonesia karena lebih bebas digunakan dan yang paling penting FREE/bebas di download tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Daripada beli mahal dan terpaksa membeli bajakan plus dapat bonus virus-virus yang bergentayangan. Mending open source aja kita bebas berkreasi membangun OS sendiri. Itu menurut saya sendiri tetapi ini kembali ke pribadi kawan-kawan sekalian mana yang lebih dibutuhkan dan berguna untuk kepentingan kawan-kawan sekalian.
Terima kasih dan salam INOVASI.

2 komentar:

  1. ini postingan buat lomba ya? ;)

    BalasHapus
  2. bukan bro ini hanya sekedar memberikan informasi saja :)

    BalasHapus