Indonesia Maju di Bidang Teknologi???

Teknologi semakin hari semakin berkembang dengan inovasi-inovasi yang baru. Berbagai macam perusahaan teknologi baik software maupun hardware pun saling bersaing mengejar para konsumennya di seluruh dunia terutama di Indonesia. Teknologi yang saya maksud disini lebih luas seperti teknologi komputer/laptop/tablet, handphone, situs web, dan otomotif. 

Di Indonesia teknologi-teknologi yang saya maksud tadi semakin merajalela pada saat ini. Dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia khususnya di Ibukota Jakarta. Semua orang pasti memiliki teknologi baik teknologi yang sudah lama maupun teknologi yang baru keluar di pasaran. Komputer/laptop tidak bisa dipungkiri hampir pasti golongan menengah ke atas memilikinya. Berbagai produk komputer/laptop telah hadir di Indonesia dan yang lebih baru telah keluar teknologi berbentuk tablet. 
BlackBerry

Dari pengalaman saya setiap hari pasti setiap orang sibuk dengan kepala nunduk ke bawah (maksudnya ngetik handphone/tablet dan yang lebih canggih lagi geser layar/touchscreen). Salah satu teknologi yang lagi "digandrungi" sekarang ini yah BBM (BlackBerry Messenger) dari Research In Motion (RIM) perusahaan di Kanada. Pengguna BlackBerry (BB) di Indonesia pada bulan April tahun 2011 sudah mencapai 3 juta pengguna (sumber: teknoup). Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna BB terbesar di dunia. 
Logo Facebook & Twitter

Kalau untuk situs web di Indonesia sedang hot-hotnya menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. Sama halnya dengan penggunaan BB pengguna facebook dan twitter di Indonesia salah satu yang terbesar di dunia. Pengguna facebook di Indonesia nomor 2 di dunia sebanyak 6% masih di bawah Amerika sebanyak 24% (sumber: duniasains). Sedangkan untuk twitter, Indonesia berada di nomor 3 di dunia dan membuat Pak SBY bangga hahaha... (sumber: detiknews). 

Kemacetan kendaraan bermotor
Nah, kalau di bidang otomotifnya apalagi di kota besar seperti Jakarta sudah terlihat dampak besar dari teknologinya yaitu, MACET. Apa penyebab macet?? yah salah satunya adalah makin banyak kendaraan-kendaraan bermotor yang digunakan di jalan. Bayangkan kalau di perempatan jalan sedang lampu merah urutan mengantri paling depan adalah motor disusul mobil, bis, dan truk. Kalau di Jakarta sih yang namanya zebracross udah gak berguna lagi. Emang kenapa?? karena zebracross yang fungsinya untuk orang berjalan kaki menyebrang dialih fungsikan untuk kendaraan bermotor mengantri di lampu merah. Khusus di kota Jakarta saja tercatat 11 juta kendaraan bermotor dengan 9 juta di antaranya sepeda motor (sumber: kompas). Data statistik ini akan terus bertambah karena untuk mendapatkan motor aja sekarang sangat mudah. 

Dari apa yang saya ungkapkan diatas apakah Indonesia sudah bisa dikatakan maju di bidang teknologi atau belum??. Kalau dilihat dari segi konsumen/pengguna Indonesia maju di bidang teknologi karena pengguna teknologi di Indonesia selalu masuk 5 besar dunia. Tapi, kalau dilihat dari segi produsen/pembuat Indonesia belum maju di bidang ini karena belum ada teknologi yang dihasilkan Indonesia yang bermanfaat untuk saat ini. 

Tapi setelah melihat dan membaca berita belakangan ini, ada sebuah teknologi bidang otomotif yang dibuat oleh siswa-siswa SMK di Solo, Jawa Tengah dengan nama brand ESEMKA. Salah satu inovasi yang patut dibanggakan dari hasil karya produk dalam negeri. Mudah-mudahan menjadi motivasi untuk anak-anak muda di Indonesia menciptakan teknologi sendiri hasil karya dalam negeri. Seperti yang pemerintah canagkan 100% cinta Indonesia. 

Mobil Esemka Rajawali hasil karya siswa-siswa SMK

Terima kasih dan salam INOVASI.

0 komentar:

Posting Komentar